Friday, April 17, 2015

6 CARA SEDERHANA DAN CERDIK UNTUK MAKAN LEBIH SEHAT

6 CARA SEDERHANA DAN CERDIK UNTUK MAKAN LEBIH SEHAT

Untuk makan dengan baik kita harus menggabungkan ilmu gizi dengan akal sehat dan kenikmatan menyantap makanan. Kebanyakan dari kita tahu bahwa salad segar, buah, serta makan dengan tidak tergesa-gesa merupakan hal-hal yang lebih baik bagi kita daripada melahap habis energy bars dan permen. Tapi bagaimana caranya untuk membuat lompatan dari kebiasaan kita saat ini ke kebiasaan yang lebih sehat?
Berikut adalah enam cara untuk bisa menyantap makanan yang sehat, lezat, dan benar-benar bisa menikmati apa yang kita santap.
#1 – Hindari Susu
Ini bukan saja mengurangi lemak jenuh dalam diet Anda, tapi juga membabat habis kalori.
Caranya: Beralihlah ke susu 1% atau tanpa lemak, atau versi lain dari susu tanpa lemak atau produk olahannya seperti yoghurt dan es krim. Tidak sanggup untuk berhenti mengkonsumsi susu lemak dengan mendadak? Maka jika mungkin, mulailah dengan susu 2% lemak, bertahap turun menjadi 1% dan akhirnya tanpa lemak.
2. Memanfaatkan kelebihan dari kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang almond, jambu mete, filberts, hazelnut, kacang tanah, pecan, dan pistachio mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat, termasuk vitamin E, asam folat, kalium dan serat. Meskipun banyak kacang mengandung tinggi lemak, namun lemaknya terutama merupakan lemak tak jenuh yang merupakan pilihan yang sehat .
Caranya: Pastikan memasukkan kacang-kacangan pada daftar belanjaan. Kacang mengandung tinggi kalori, jadi ini adalah yang terbaik untuk menikmati makanan ringan menggantikan snacks lainnya, jadi bukan sebagai makanan ringan tambahan, serta untuk menjaga agar porsi menyantapnya tetap kecil.
3. Icipi makanan sebelum anda menggaraminya
Hentikan kebiasaan yang otomatis menambah garam pada makanan.
Caranya: Selama dua hari, jangan memasukkan garam sama sekali ke dalam makanan. Istirahat tanpa garam sejenak bisa membantu mengatur kembali indra pengecap anda. Lalu, tempatkan wadah atau botol garam di lemari, sehingga ini akan memerlukan usaha untuk meraihnya. Jadikan mencicipi makanan sebelum menggaraminya sebagai satu ritual bila anda benar-benar merasa perlu untuk merubah rasa pada masakan anda.
4. Bawalah bekal makan siang sekali seminggu
Hal ini membuat pilihan makanan sehat anda siap tersedia di tempat kerja atau saat bertamasya. Dan karena anda dapat mengatur porsinya, maka anda dapat memastikan bahwa anda tidak makan berlebihan. Dan, ini juga akan menghemat uang anda .
Caranya: Seminggu sekali, sebelum anda berbelanja untuk bahan makanan, tulislah sebuah rencana menu yang akan menyisakan cukup makanan untuk satu atau dua kali makan siang.
5. Makan lima atau lebih macam sayuran dan buah-buahan setiap hari
Paket nutrisi ini merupakan cara untuk memenuhi piring anda yang terdiri dari makanan yang pada umumnya rendah kalori .
Caranya: Selama satu pekan, amati seberapa sering anda makan buah dan sayur. Satu porsi setara dengan setengah mangkuk buah atau sayur cincang. Untuk sayuran berdaun seperti bayam dan selada, satu porsi adalah satu mangkuk. Setelah anda memiliki paket dasar nutrisi buah dan sayuran anda, cobalah menambah porsinya dengan satu macam buah atau sayuran setiap.
6. Rencanakan makanan yang menyenangkan, lezat, dan sehat
Dalam dunia yang ideal, makanan merupakan sesuatu yang menyenangkan bagi semua panca indera kita: ia tampak cantik, dengan aroma yang membangkitkan selera, dan cita rasanya yang lezat, serta tekstur yang terasa pas dan memuaskan. Mulailah berpikir tentang  makanan sebagai sesuatu yang lezat dan dapat dinikmati.
Caranya: Rencanakan untuk menyiiapkan dan menikmati makanan yang spesial satu atau dua kali dalam seminggu. Begitu anda berhasil mengkombinasikan bahan-bahan yang spesial, siapkan sebuah meja yang indah. Luangkan waktu anda untuk benar-benar menikmati santapan anda dengan keluarga atau teman anda.
Semoga bermanfaat
Wasalam, Mimuk Bambang Irawan
Bekasi, 17 April 2015

No comments:

Post a Comment