Saturday, April 18, 2015

MENJAGA BERAT BADAN, KUNCI PENCEGAHAN SERANGAN STROKE

MENJAGA BERAT BADAN, KUNCI PENCEGAHAN SERANGAN STROKE

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya stroke. Bahkan jika anda sudah terkena serangan stroke ringan atau TIA (Transient Ishemic Attack = mini-stroke), anda dapat mengambil langkah untuk mencegah terjadinya serangan susulan.
Mengendalikan berat badan anda adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko stroke. Kelebihan berat badan membebani seluruh sistem peredaran darah dan dapat menyebabkan kondisi kesehatan lainnya, termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan obstructive sleep apnea (hambatan bernapas saat tidur). Tapi kehilangan sedikit berat sebesar 5% sampai 10% dari berat badan awal sudah dapat menurunkan tekanan darah dan faktor risiko stroke lain.
Tentu saja, anda perlu untuk menjaga berat badan tetap rendah untuk selamanya, tidak hanya pada saat anda sedang melakukan diet.Tips di bawah ini dapat membantu anda menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap stabil:
#1 - Bergeraklah lebih banyak. Olah raga adalah salah satu cara yang pasti untuk membakar kalori. Tapi ada cara lain yaitu meningkatkan aktivitas sehari-hari anda apapun bentuknya seperti berjalan, bergerak lebih cepat, dan berjalan hilir mudik atau jalan di tempat saat menelepon, menggunakan tangga daripada elevator ini.
#2 - Hindari meneguk minuman yang mengandung kalori. Soda, lattes, minuman olahraga atau minuman energi, bahkan jus buah, dikemas dengan tambahan kalori yang sebetulnya tidak diperlukan. Celakanya, tubuh kita menerima saja kalori yang tidak diperlukan ini, sehingga kita tetap meminumnya sehingga mekanisme tubuh akhirnya memberikan tanda untuk berhenti. Oleh karena itu, cobalah kopi atau teh tanpa gula, atau tambahkan rasa pada air minum anda degan irisan jeruk nipis atau lemon, atau setetes penambah rasa mint atau beberapa buah raspberi
#3 - Perbanyak makanan yang alami. Jika kita lebih banyak menyantap makanan yang tidak diproses seperti, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, maka ini berarti anda mengisi pencernaan anda dengan makanan yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Lagi pula, makanan alami penuh dengan kandungan vitamin, mineral, serat dan cenderung untuk rendah garam, yang juga baik untuk tekanan darah anda.

#4 - Santaplah makanan ringan (snacks) yang lebih sehat. Kegemaran akan makanan ringan merupakan kelemahan setiap manusia. Namun anda tidak harus menghindarinya selama anda bisa menikmatinya secara bijaksana. Misalnya, stik wortel sebagai snack yang manis untuk mengganti keripik kentang dan crackers. Atau popcorn (tanpa mentega dan garam) yang dapat dibumbui dengan rempah-rempah kesukaan anda. Satu paduan yang memuaskan antara karbohidrat dan protein cobalah sejumput mentega biji bunga matahari yang dioleskan pada irisan apel.
Terapkanlah tips sederhana di atas, dan in syaa Allah serangan stroke akan terhindar.

Semoga bermanfaat.

Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Bekasi, 18 April 2015.

No comments:

Post a Comment