Tuesday, July 28, 2015

5 MACAM CEMILAN UNTUK MEMELIHARA KADAR GULA DARAH

5 MACAM CEMILAN UNTUK MEMELIHARA KADAR GULA DARAH

Apakah anda sudah menerapkan menu sehat tiga kali perhari namun tetap mempunyai masalah dalam men-stabilkan kadar gula darah anda? Banyak klien saya merasa heran bahwa saya justru menyarankan untuk makan lebih sering dari sekedar tiga kali sehari. Ini sepertinya berlawanan dengan logika mereka, bahwa jika mereka ingin memperbaiki kebiasaan makan, maka mereka harus makan lebih sedikit bukan lebih sering.
Dalam kenyataannya, kebiasaan makan yang tidak konsisten atau tidak makan selama beberapa jam antara waktu makan sebenarnya sangat menyulitkan untuk menstabilkan kadar gula darah. Waktu yang lama antara dua waktu makan menyebabkan terjadinya kadar gula darah yang rendah yang membuat kita ingin segera makan, atau menyebabkan kita akan makan lebih banyak pada kesempatan berikutnya.
Jadi, menyantap cemilan di sela-sela waktu makan dapat menjadi bagian penting dari penanganan diabetes sehari-hari. Ini membantu menghindari terjadinya interval yang terlalu besar antara puncak kadar gula darah dan penurunan kadar gula darah. Selain itu juga menghindari makan berlebihan pada saat waktu makan. Namun, adalah kualitas gizi dan ukuran porsi dari cemilan yang bisa membuat rencana penanganan diabetes akan berhasil atau justru sebaliknya, mengganggu penanganan diabetes anda.
Tujuan dari ngemil adalah untuk meningkatkan angka glukosa darah anda ke tingkat yang sehat di antara waktu makan dengan kecepatan bertahap. Ini biasanya dapat dicapai dengan memadukan karbohidrat tinggi serat dengan sedikit protein. Sementara karbohidrat kompleks bekerja untuk meningkatkan kadar glukosa darah pada kisaran yang sehat, maka protein membantu memperlambat proses ini untuk memperoleh kecepatan yang stabil, sehingga kadar gula darahpun menjadi lebih stabil dengan tingkat energi yang konsisten.
Perlu beberapa contoh? Lihatlah paduan yang sempurna di bawah ini yang mudah disiapkan dan baik sekali untuk cemilan:
# 1 - Sayuran dan Hummus; hummus adalah semacam saus ala Mediterania yang biasanya terbuat dari kacang, minyak zaitun dan pasta biji wijen (tahini) dan kaya akan lemak, protein dan karbohidrat kompleks yang sehat untuk jantung. Padukan dua sendok makanan mediterania favorit ini dengan sayuran yang renyah dan tinggi serat seperti mentimun, wortel, seledri sebagai cemilan tengah hari yang lezat.
# 2 - Yogurt Yunani dan Buah Segar: Kombinasi yogurt dan buah-buahan adalah cara yang bagus sebagai cemilan manis yang tidak menaikkan gula darah. Karena prosesnya yang unik, yoghurt Yunani kandungan proteinnya dan bakteri yang sehat untuk usus cenderung lebih tinggi dibandingkan varietas yogurt lainnya. Sayangnya, kebanyakan yogurts di pasaran cenderung dibuat manis dengan menambahkan sirup atau zat pemanis lainnya. Hindari penambahan gula yang tidak perlu, dan pilihlah yoghurt polos dan untuk rasa manisnya tambahkan beberapa buah manis segar favorit anda.
# 3 – Apel dan Selai Kacang: Apel (dengan kupasan kulitnya) adalah sumber serat yang luar biasa. Padukan apel favorit anda dengan beberapa sendok makan selai kacang atau kacang alami, maka anda memiliki cemilan penambah enerji yang  luar biasa. Pilihlah produk selai kacang yang tidak menambahkan gula atau minyak yang tidak sehat bagi jantung. Apapun pilihan selai kacang anda, carilah yang terbuat dari kacang tanah, almond, cashews atau biji-bijian, dengan bahan-bahan sesederhana mungkin – yaitu kacang atau biji-bijian plus garam.
# 4 - Ikan Tuna dan Crackers Gandum: Tuna kalengan adalah sebuah cara murah untuk mendapatkan dosis protein yang besar dalam sebuah kaleng dengan tambahan manfaat asam lemak omega-3 (omega-3 fatty acids), yang menurut beberapa penelitian/studies dapat mengurangi peradangan pada tubuh dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Cobalah satu porsi salad tuna tradisional yang rendah kalori dengan mengganti mayo yang kaya kalori dengan yogurt Yunani polos, atau perasan jus lemon segar dan tambahkan merica giling segar. Hidangkan semua itu di atas crackers gandum tinggi serat sebagai cemilan yang baik dari karbohidrat kompleks, lemak sehat dan satiating protein.
# 5 Batang/bar enerji buatan rumahan: Banyak sekali batang enerji dan batang protein yang ditawarkan sebagai cemilan sehat saat ini dengan berbagai macam dan varietasnya. Tidaklah mengherankan kalau banyak orang yang mencari produk ini sebagai cemilan ringan yang menyehatkan. Namun kita perlu waspada, karena banyak produk yang diklaim menyehatkan justru menambahkan gula seperti halnya permen pada umumnya atau mengandung banyak bahan lain yang tidak menyehatkan. Cobalah membuat enerji bar sendiri dengan memadukan bahan favorit yang terdiri dari kacang-kacangan tinggi serat, buah-buahan kering atau gandum. Carilah resep-resep untuk membuat bar enerji dengan bahan-bahan tersebut, tanpa perlu menambahkan pemanis, minyak ataupun bubuk protein olahan.
Menambah dua atau tiga cemilan yang sehat sehari bisa sangat bermanfaat bagi penanganan diabetes. Namun pastikan untuk menimbang besarnya porsi untuk cemilan dan makan hariannya.
Link: http://blogs.webmd.com/diabetes/2015/03/5-snacks-to-stabilize-your-blood-sugars.html?ecd=wnl_day_041815&ctr=wnl-day-041815_nsl-hdln_5&mb=xuQVQ4gfstgZ9Rvw%40dJI7hXFE73IOX1chZBuXmzXaco%3d

No comments:

Post a Comment