Wednesday, July 29, 2015

7 NUTRISI YANG HILANG DARI DIET ANDA

7 NUTRISI YANG HILANG DARI DIET ANDA

#1 Kalium: Menurunkan Tekanan Darah

USDA (Badan POM Amerika) mengatakan bahwa orang Amerika dewasa tidak mendapatkan cukup asupan untuk tujuh nutrisi penting bagi tubuh. Kalium adalah kuncinya. Penelitian menunjukkan bahwa kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Kalium juga mendukung kesuburan dan fungsi otot dan saraf. Walaupun kalium terkandung dalam banyak makanan secara alami - seperti susu, kentang, ubi jalar, kacang-kacangan, avocados, dan pisang – namun tetap saja banyak orang Amerika yang tidak mendapatkan asupan kalium yang cukup.

#2 Magnesium: Pencegahan Penyakit

Kadar rendah magnesium telah dikaitkan dengan gangguan kesehatan seperti osteoporosis, tekanan darah tinggi, diabetes, kejang otot, dan penyakit jantung. Beberapa orang, seperti orang tua, orang dengan masalah lambung atau usus, atau mereka yang minum alkohol secara teratur, berada dalam bahaya karena memiliki kadar magnesium yang rendah. Jadi, makanlah bayam dan kacang-kacangan, seperti kacang polong, biji-bijian, peas (terutama kacang almond). Mereka berpengaruh banyak bagi kesehatan anda.

#3 Vitamin A: Meningkatkan Kadar Beta-Carotene

Ada dua jenis vitamin A: retinol dan karotenoid, seperti beta-karoten. Beta-Karoten yang ditemukan dalam jeruk dan berbagai makanan berwarna kuning, seperti ubi jalar, pepaya, wortel dan labu musim dingin, seperti juga dalam bayam dan brokoli. Vitamin A ini penting untuk mendukung penglihatan yang baik, kekebalan tubuh dan pertumbuhan jaringan yang sehat.

#4 Vitamin D: Strong Heart and Mind

Vitamin D penting untuk pertumbuhan tulang, otot, dan serabut saraf yang sehat, serta membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat. Meskipun tubuh kita bisa membuatnya dengan paparan sinar matahari, para ahli merekomendasikan mendapatkan vitamin D dengan cara lain. Antara lain dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin D secara alami; seperti ikan berlemak seperti salmon dan mackerel, jamur, hati, keju, dan kuning telur. Susu, beberapa merek dari jus jeruk, dan banyak sereal yang sudah diperkaya dengan vitamin D.

#5 Kalsium: Tidak Hanya Untuk Kekuatan Tulang

Kita tahu bahwa kalsium itu mungkin bagus untuk tulang dan gigi. Tapi tidak hanya itu. Kalsium membantu mempertahankan irama jantung dan fungsi otot. Kalsium bahkan mungkin bisa mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). Susu adalah sumber kalsium yang baik, tetapi makanan seperti salmon, kale dan brokoli juga mengandung kalsium. Tips: Tanpa vitamin D yang cukup, maka tubuh kita tidak akan dapat menyerap asupan kalsium dayng kita makan.

#6 Vitamin C: Baik Untuk Tulang

Vitamin C, yang banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, meningkatkan pertumbuhan tulang dan jaringan. Sebagai antioksidan, vitamin C juga membantu melindungi sel dari kerusakan. Sejumlah studi menunjukkan bahwa Vitamin C dosis tinggi (2000 miligram perhari) bisa memperpendek masa gejala flu dan pilek. Banyak orang percaya bahwa vitamin C dapat mencegah flu dan pilek. Namun  tidak ada penelitian yang mendukung anggapan ini.

#7 Serat: Mencegah Resiko Berbagai Penyakit

Serat dari padi-padian dan kacang-kacangan berikut produk olahannya memiliki banyak manfaat kesehatan. Serat membantu menurunkan kholesterol dan meningkatkan keteraturan peristaltik usus. Serat akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Serat juga besar perannya bagi orang yang ingin mencoba untuk menurunkan berat badan. Makanan tinggi serat seringkali mengenyangkan dan rendah kalori. Jika anda minum suplemen serat, maka ini akan mengganggu penyerapan beberapa obat-obatan dan suplemen lain. Jadi minumlah suplemen serat anda dua jam sebelum anda meminum obat apapun.

Semoga bermanfaat


Wasallam, Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment