Monday, August 17, 2015

REGENERASI TULANG RAWAN SENDI LUTUT

REGENERASI TULANG RAWAN SENDI LUTUT
Cara Menumbuhkan Kembali Tulang Rawan Sendi Lutut
Admin July 27, 2015


Diet yang tepat sangat penting dalam menjaga agar anda terbebas dari masalah sendi, tapi itu juga memiliki peran penting dalam merevitalisasi tulang rawan di pinggul, lutut dan tulang belakang. Selain itu, menjaga berat badan yang optimal dan memiliki beban fisik normal setiap hari akan menjaga hal-hal berada di jalur yang benar, sehingga lutut anda akan benar-benar aman dan resiko kerusakan tulang rawan lutut akan turun secara signifikan.

Gejala kerusakan tulang rawan lutut

Dalam rangka untuk memahami betapa pentingnya tulang rawan dan kondisinya yang sehat bagi kita semua, terutama di area lutut yang merupakan tempat yang menanggung berat paling besar dari seluruh tubuh, maka kita perlu menjelaskan struktur dan fungsi tulang rawan itu. Tulang rawan adalah sejenis jaringan ikat yang membantu tulang bergesekan secara mulus satu sama lain dan membantu mobilitasnya. Ini berarti bahwa perannya ialah menjaga persendian tulang kita dari kerusakan. `

Tulang rawan adalah bagian dari banyak struktur tulang di dalam tubuh manusia, seperti hidung, bronchi (saluran pernapasan), telinga, dada, pertemuan antara ruas-ruas tulang belakang, siku, lutut dan pinggul. Tulang rawan sekeras tulang dan tidak elastis seperti otot. Distorsi tulang rawan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti, proses penuaan dan berbagai penyakit degeneratif seperti osteoarthritis, yang biasanya menimpa sendi di bahu, leher (menghambat gerakan kepala atau menyebabkan rasa pusing), pinggul, lutut, tangan dan kaki.

Dan lagi, ada banyak hal yang bisa merusak tulang rawan seperti misalnya, aktivitas fisik yang berlebihan, kegemukan, kerusakan mekanis karena  pengaruh benturan atau membawa beban berat. Jika terjadi kerusakan pada tulang rawan atau hilang keseluruhannya, maka akan ada beberapa gejala yang bisa menunjukkan adanya gangguan kesehatan ini, seperti rasa nyeri ketika bergerak, pembengkakan dan ketegangan otot. Berikut ini adalah tips terbaik dan obat alami untuk regenerasi tulang rawan pada bagian pinggul dan lutut.

Membangun kembali tulang rawan lutut

Dalam usaha yang sungguh-sungguh untuk mempertahankan atau membangun kembali tulang rawan lutut, ada satu zat penting bagi tubuh kita yang disebut Chondroitin yang memiliki manfaat besar. Chondroitin berperan dalam pelestarian tulang rawan dan juga berperan penting dalam proses regenerasi alami dari tulang rawan lutut, pinggul dan sendi-sendi lain.

Senyawa esensial ini menyerap air dalam jaringan ikat, yang berarti bahwa ia mempertahankan elastisitas dan fleksibilitas dari tulang rawan. Di samping itu, senyawa ini dapat menghambat berbagai enzim yang merusak jaringan ikat, dan juga bisa memberikan kontribusi pada pembangunan tulang rawan yang baru. Senyawa ini diperoleh dari tulang rawan ikan hiu, (babi!) dan sapi, dan ini adalah jumlah yang optimal ialah dari 1000 - 1200 miligram sehari.

Selain itu, chondroitin bisa menjadi kombinasi yang lebih baik bersama sama glucosamine, yang memberikan dampak fleksibilitas dan mobilitas persendian yang lebih besar, dan juga penting untuk regenerasi alami dari tulang rawan. Zat yang berasal dari chitin, yang dapat ditemukan dalam cangkang kerang laut, lobster dan kepiting.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan asam amino lisin sangat bermanfaat, karena asam amino ini berpartisipasi dalam proses pembaharuan dari kolagen yang merupakan bagian utama dan sangat berguna bagi tulang rawan kita. Mengingat bahwa asam amino ini tidak dibuat oleh tubuh, maka ia harus diperoleh melalui makanan. Jumlah yang optimal adalah 12 miligram untuk setiap kg dari berat tubuh. Makanan yang harus menjadi target adalah kedelai, telur, yogurt, keju, buah kering, kacang, ikan cod, daging merah, dan banyak sumber lain.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Pembentukan Tulang Rawan

Untuk regenerasi dan pembaruan tulang rawan lutut yang tepat, menyantap makanan yang kaya akan vitamin sangatlah penting, karena yang terbesar adalah bagian yang kaku, jadi merupakan keharusan untuk minum vitamin sebanyak mungkin untuk memperpanjang usia dan daya tahan

·         Makanan yang kaya vitamin A merangsang regenerasi tulang rawan pada pinggul dan lutut

·         Makanan yang kaya akan vitamin C untuk regenerasi tulang rawan pinggul dan lutut. Vitamin C ini penting bagi tubuh karena merangsang produksi dari kolagen, zat yang sangat penting dalam pembentukan tendon dan ligamen. Dosis optimumnya sebanyak 75 miligram per hari. Vitamin C, ditemukan dalam bawang paprika, cabai, kentang dan selada. Juga tersedia berbagai jenis buah-buahan yang bisa disantap sebagai kudapan sehari-hari anda seperti jeruk, tangerines, anggur, jeruk sitrun, blackberries dan bentuk jus buah-buahan tersebut. Jenis diet yang didasarkan pada buah dan sayuran ini, juga bisa mengurangi resiko terjadinya gout, yaitu akumulasi asam urat pada persendian.

·         Vitamin D untuk tulang, sendi dan tulang rawan. Dapat ditemukan dalam susu, roti, sereal, serta ikan berlemak seperti salmon, ikan herring dan  tiram. Dalam hal ini, sebuah studi yang diterbitkan di bawah judul Arthritis dan Rematik” sekali lagi membuktikan bahwa vitamin D dan paparan sinar matahari secara langsung memberikan kontribusi yang lebih baik pada mobilitas sendi. Temuan juga menunjukkan bahwa diperlukan vitamin D dalam jumlah yang cukup besar bagi tubuh kita agar osteoarthritis dapat dicegah.

Gelatin - obat alami untuk regenerasi tulang rawan

Selain sebagai hidangan penutup yang benar-benar lezat atau bila digunakan sebagai salad dressing, gelatin (agar agar) juga merupakan obat alami yang hebat untuk regenerasi tulang rawan lutut, panggul dan sendi lain. Peran yang bermanfaat dari gelatin ini ditengarai berkaitan dengan strukturnya yang mirip dengan tulang rawan. Agar-agar merupakan sumber yang sangat kaya akan protein dan kolagen, zat yang ikut serta dalam pembangunan jaringan, tulang, tendon da tulang rawan. Selain itu, agar-agar mengandung 10 asam amino penting dan bebas lemak dan kolesterol. Jumlah optimum dari gelatin adalah 10 gram per hari. Pemakaian yang teratur dapat menyebabkan hilangnya gejala osteoarthritis secara tuntas.

Source: www.healthyfoodteam.com

No comments:

Post a Comment